Rabu, 30 Januari 2013

Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD)



16.17  Elektro  No comments
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhc2-1zrRepZT4vpl5t4u_VBKFpouuFOx3kSU3QiM6DZu8SmkPjDxJnnzq3zS-3xlOeoZr1rKM-H2q_ne4rmX3HCCYYxe9fRWXQrIQTqXDCSstlGdCj77JodkHE-isy9ZkSv4VoKE9szk0/s320/PLTD0.JPG


  1. Pengertian Pembangkit Listrik Tenaga Diesel


 
Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) ialah Pembangkit listrik yang menggunakan mesin diesel sebagai penggerak mula (prime mover). Prime mover merupakan peralatan yang mempunyai fungsi menghasilkan energi mekanis yang diperlukan untuk memutar rotor generator. Mesin diesel sebagai penggerak mula PLTD berfungsi menghasilkan tenaga mekanis yang dipergunakan untuk memutar rotor generator.


 
  1. Penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel


 
Pembangkit Listrik Tenaga Diesel biasanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik dalam jumlah beban kecil, terutama untuk daerah baru yang terpencil atau untuk listrik pedesaan dan untuk memasok kebutuhan listrik suatu pabrik.


 
  1. Bentuk dan Bagian-bagian Pembangkit Listrik Tenaga Diesel


 
    Perhatikan gambar Dibawah ini :

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhunlwDsBTUo1kIrxFqHrV8lznL4tS_fP0bYujQe2owhN0I_EKvSUOwokkpF4QLQuMMcho4JYEhSAUg1t-m9SWnCQHEWOe0inCFI_S5O7cIj3QPiOu1ap2hmJmOtxHXWrH69zu5avB5j08/s400/PLTD1.jpg

Pembangkit Listrik Tenaga Diesel


Dari gambar di atas dapat kita lihat bagian-bagian dari Pembangkit Listrik Tenaga Diesel, yaitu :

  1. Tangki penyimpanan bahan baker.

  2. Penyaring bahan bakar.
  3. Tangki penyimpanan bahan bakar sementara (bahan bakar yang disaring).
  4. Pengabut.
  5. Mesin diesel.
  6. Turbo charger.
  7. Penyaring gas pembuangan.
  8. Tempat pembuangan gas (bahan bakar yang disaring).
  9. Generator.
  10. Trafo.
  11. Saluran transmisi.

 
  1. Prinsip Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Diesel


 
    1. Bahan bakar di dalam tangki penyimpanan bahan bakar dipompakan ke dalam tanki penyimpanan sementara namun sebelumnya disaring terlebih dahulu. Kemudian disimpan di dalam tangki penyimpanan sementara (daily tank). Jika bahan bakar adalah bahan bakar minyak (BBM) maka bahan bakar dari daily tank dipompakan ke Pengabut (nozzel), di sini bahan bakar dinaikan temperaturnya hingga manjadi kabut. Sedangkan jika bahan bakar adalah bahan bakar gas (BBG) maka dari daily tank dipompakan ke convertion kit (pengatur tekanan gas) untuk diatur tekanannya.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi0W0ocn_5mcLd-Cr9y81SHMyrFinykLJlbvhmY4pRpj1OUda0rPIxr4tE4bg7apz-rkHWhpipineN4jgIICYycL_F2LD4HYCKsP1vRpfVjW2YI17trccd9gf79lSsUNEwPGJzq5vbx6R0/s400/PLTD2.png
  
    1. Menggunakan kompresor udara bersih dimasukan ke dalam tangki udara start melalui saluran masuk (intake manifold) kemudian dialirkan ke turbocharger. Di dalam turbocharger tekanan dan temperatur udara dinaikan terlebih dahulu. Udara yang dialirkan pada umumnya sebesar 500 psi dengan suhu mencapai ±600°C.

   
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgncHOTPIgCmZVdbRQbY0VD_3OKQIVhOKKO3DqADCfcsA8Y2XAbZWWQZ28sScVybPhPs2YOxSXtrm-71qGFkEGIkADEx9NNyPe4RdAp7tTydg2ECOueB8RNef_CaEbOG7OErCJrDqNFUug/s320/PLTD3.png
1.    Udara yang bertekanan dan bertemperatur tinggi dimasukan ke dalam ruang bakar (combustion chamber).


 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg9rOjvdrNXHyJZ_062J6t3Vf3jTVct0o4Hw0DLs5rGjN_n4rmmtkuVIG_2ULXGnzsUIOf2MkKcMslNKsadu1fCWZGlswMIzllOCMuONHkia7I1-Ll6RaEUizv1yUEZe6aNYSCjt_xRIEM/s200/PLTD4.png

 
2.    Bahan bakar dari convertion kit (untuk BBG) atau nozzel (untuk BBM) kemudian diinjeksikan ke dalam ruang bakar (combustion chamber).
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEje03B-y4Z8M04IWNcfLJSwCHerxUdS9pPE3HNHC5IbkqVOoXEU5loLH3fxF_XlijLwBAwOp7HjLG8S0-4_ongD149dSZW38uW4OCl4bmvSuNigRhOGwF0npEks-9LTFSzbwm6M3CPmqjE/s320/PLTD5.png

 
1.    Di dalam mesin diesel terjadi penyalaan sendiri, karena proses kerjanya berdasarkan udara murni yang dimanfaatkan di dalam silinder pada tekanan yang tinggi (35 - 50 atm), sehingga temperatur di dalam silinder naik. Dan pada saat itu bahan bakar disemprotkan dalam silinder yang bertemperatur dan bertekanan tinggi melebihi titik nyala bahan bakar sehingga akan menyala secara otomatis yang menimbulkan ledakan bahan bakar.


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgQ31STV-CM5nOSMq_tcEcl1AOawTJA1brwxMquZVagTnv3d9gqZaUleQEo14Lte0Q8WfPgIhYAm_kWWSyMkEYS2oQlSNaf0XshOYjO41B5Oxjsc6nQVoflVdw5K5BxXkYIgzcILsWcQxI/s200/PLTD6.png


 
2.    Ledakan pada ruang bakar tersebut menggerak torak/piston yang kemudian pada poros engkol dirubah menjadi energi mekanis. Tekanan gas hasil pembakaran bahan bakar dan udara akan mendorong torak yang dihubungkan dengan poros engkol menggunakan batang torak, sehingga torak dapat bergerak bolak-balik (reciprocating). Gerak bolak-balik torak akan diubah menjadi gerak rotasi oleh poros engkol (crank shaft). Dan sebaliknya gerak rotasi poros engkol juga diubah menjadi gerak bolak-balik torak pada langkah kompresi.

 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjaQV4LFK-O8NVl7d4aR6SlMreFuSIqz9JfhzF2plT2gxlBSebDAfWS3nhGT-zXvMGNISKD4sJ7O6o2iToRwj-I96b0V_WZcvUO5AwRf-zyF5okXXvVd1nPl2HCX2VTf4WZdxz8pqwKr6o/s320/PLTD7.png
1.    Poros engkol mesin diesel digunakan untuk menggerakan poros rotor generator. Oleh generator energi mekanis ini dirubah menjadi energi listrik sehingga terjadi gaya geral listrik (ggl).

Ggl terbentuk berdasarkan hukum faraday. Hukum faraday menyatakan bahwa jika suatu penghantar berada dalam suatu medan magnet yang berubah-ubah dan penghantar tersebut memotong gais-garis magnet yang dihasilkan maka pada penghantar tersebut akan diinduksikan gaya gerak listrik.

1.    Tegangan yang dihasilkan generator dinaikan tegangannya menggunakan trafo step up agar energi listrik yang dihasilkan sampai ke beban.

Prinsip kerja trafo berdasarkan hukum ampere dan hukum faraday yaitu arus listrik dapat menimbulkan medan magnet dan medan magnet dapat menimbulkan arus listrik. Jika pada salah satu sisi kumparan pada trafo dialiri arus bolak-balik maka timbul garis gaya magnet berubah-ubah pada kumparan terjadi induksi. Kumparan sekunder satu inti dengan kumparan primer akan menerima garis gaya magnet dari primer yang besarnya berubah-ubah pula, maka di sisi sekunder juga timbul induksi, akibatnya antara dua ujung kumparan terdapat beda tegangan.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjl53t4mYXvWAX5EbcEtzmiRVPz6jnajzm5M2UWVouLFMuiqKLuJmVLDg8g2u8JuPqNrRIkY2ZLcjnxjeNWt35-_mEakFuL5KWWVwqy3E9JwNLBLk-6HfN66ARiC35ms2iTHvatIONbkdI/s1600/PLTD8.png

 
1.    Menggunakan saluran transmisi energi listrik dihasilkan/dikirim ke beban. Di sisi beban tegangan listrik diturunkan kembali menggunakan trafo step down (jumlah lilitan sisi primer lebih banyak dari jumlah lilitan sisi sekunder).

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEixC8D3suSRlZAz5WicAfrT3mo_o69wX5DHhzpSYxOo0DDd02o25eXIyR6naSub3bgBcrlSfI_67C3A-kYPo5BwuzfR7wGgYUDjyP5wsbjSJLASVq_va29vFs-Xtlntu2vB4PGZ1E2zYok/s400/PLTD9.png  

...........................................
Posting ini di kutip dari makalah admin bersama teman-teman untuk meta kuliah Pembangkit Tenaga Listrik semester 3. Semoga bermamfaat, mohon koreksi jika ada yang keliru

Download Internet Download Manager 6.15 - FileHippo.com

Download Internet Download Manager 6.15 - FileHippo.com

Selasa, 22 Januari 2013

BERIKUT INI CONTOH PROPOSAL PENELITIAN ILMIAH

BERIKUT INI CONTOH PROPOSAL PENELITIAN ILMIAH

A. JUDUL PENELITIAN
Pengaruh Suku Bunga dan Nilai Tukar Rupiah Terhadap Pemberian Kredit Untuk Nasabah Bank Mandiri

B. PENDAHULUAN
Latar Belakang Masalah

Hancurnya industri keuangan global yang dipicu oleh naiknya harga minyak serta pangan dan semakin diperparah dengan terjadinya krisis keungn di Amerika Serikat telah mengakibatkan melambatnya pertumbuhan ekonomi global.

Dampak dari krisis di Amerika Serikat yang berdampak pada peningkatan inflasi di beberapa negara serta diikuti dengan kenaikan suku bunga dan nilai tukar mata uang setempat. Hal ini terjadi karena sistem keuangan suatu negara tidak bisa berdiri sendiri.Selallu terkait dengan sistem keuangan pada negara lain secara global. Hal ini lah yang mendorong penulis untuk melkukan penelitian mengenai fenomena yang sedang terjadi tersebut melalui penelitian ilmiah yang berjudul "Pengaruh Suku Bunga dan Nilai Tukar Rupiah Terhadap Pemberian Kredit Untuk Nasabah Bank Mandiri"

Pada tahun 2008, Bank Indonesia pernah melakukan penelitian terhadap dampak empiris inflasi terhadap pertumbuhan dan kualitas kredit perbankan di Indonesia. Hasil dafri penelitian menunjukkan bahwa secara signifikan inflasi mempengaruhi pertumbuhan dan kualitas kredit.
Perumusan Masalah
Dalam penelitian ilmiah ini, penulis akan mencoba merumuskan persoalan dalam bentuk beberapa pertanyaan sebagai berikut :
  1. Bagaimana pengaruh nilai tukar Rupiah terhadap USD, GBP, dan JPY terhadap pemberian kredit di bank Mandiri?
  2. Bagaimana pengaruh suku bunga di Indonesia, Amerika, Inggris, dan Jepang terhadap pemberian kredit di bank Mandiri?
Tujuan Penelitian
Penelitian ilmiah ini bertujuan untuk :
  1. Mengetahui dan menganalisis pengaruh nilai tukar Rupiah terhadap USD, GBP, dan JPY terhadap pemberian kredit di bank Mandiri?
  2. Mengetahui dan menganalisis pengaruh suku bunga di Indonesia, Amerika, Inggris, dan Jepang terhadap pemberian kredit di bank Mandiri?

Kegunaan Penelitian
Penelitian ilmiah yang akan dilakukan penulis ini mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi penulis sendiri maupun pihak-pihak lain yang berkepentingan.
1. Manfaat akademis
Penelitian yang sangat berhubungan dengan manajemen dana bank, manajemen perkreditan, serta keuangan internasional diharapkan dapat lebih dipahami oleh pihak yang berkepentingan
2. manfaat dalam implementasi
Penelitian ini difokuskan pada bank Mandiri sebagai objek penelitian sehingga diharapkan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam pengambilan kebijakan dan keputusan.

Batasan Masalah
Untuk menghindari melebarnya topik yang akan diteliti, maka penulis membatasi permasalahan yang akan diteliti sebagai berikut :
1.   Penelitian hanya akan menggunakan aktiva pada bank Mandiri
2. Aktiva sutu bank terdiri dari banyak pos, dan penulis hanya membatasi untuk menggunakan pos-pos  yang sesuai dengan skala prioritas penggunaan dana, yaitu :
  • kredit untuk nasabah; terdiri dari kredit yang diberikan
  • investasi untuk pendapatan; terdiri dari penyertaan.
3. Dalam penelitian ini penulis hanya membatasi penggunaan data suku bunga, inflasi, serta kurs Rupiah terhadap negara Amerika, Inggris, dan jepang
4. Alat bantu yang digunakan untuk menganalisa data statistik agar dapat diolah, ditampilkan, dan dimanipulasi sehingga dapat menyajikan suatu informasi dalam penelitian ini menggunakan software SPSS

C. TINJAUAN PUSTAKA
Neraca Bank
Menurut Soedijono pada kuliah Institusi Depositori dan Pasar Modal, Neraca sebuah bank dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu aktiva dan pasiva. Selanjutnya pasive sebuah bank terdiri dari utang dan modal.

Inflasi
menurut www.Organisasi.org , inflasi adalah suatu keadaan dimana harga barang secara umum mengalami kenaikn dan berlangsung dalam waktu yang lama dan terus menerus

Suku Bunga
menurut John Maynard keynes, bahwa suku bunga ditentukan oleh penawaran dan permintaan terhadap uang.


D. PERUMUSAN HIPOTESA
Hipotesa yang akan dicoba untuk dirumuskan berdasarkan kerangka pemikiran diatas adalah :
  • H01: Tidak ada pengaruh nilai tukar rupiah terhadap USD, GBP, dan JPY terhadap pemberian kredit untuk nasabah bank Mandiri
  • H02: Tidak ada pengaruh suku bunga Indonesia , Amerika, Inggris, dan Jepang terhadap pemberian kredit untuk nasabah bank mandiri.


E. METODOLOGI PENELITIAN
Data Penelitian
1. Sumber data
data diperoleh dari Laporan tahunan Bank Indonesia dan Laporan keuangan Publikasi Triwulan Neraca PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk
2. jenis Data
a. ativa bank mandiri
aktiva bank mandiri yang terdiri dari :
kredit untuk nasabah, terdiri dari kredit yang diberikan
investasi untuk pendapatan, terdiri dari penyertaan.
b. kurs Rupiah terhadap USD, GBP, dan JPY
c. Suku bunga inflasi di Indonesia, Amerika, Inggris, dan jepang
3. Tipe Data
data yang diteliti adalah data sekunder yang diterbitkan oleh bank Indonesia dalam bentuk buletin

Objek Penelitian
Objek penelitian adalah bank Mandiri

Periode Penelitian
data yang digunakan merupakan data triwulan dari triwulan IV 2000 sampai dengan triwulan II 2008

Alat Yang Digunakan
Alat bantu yang digunakan dalam penelitian ilmiah ini adalah software SPSS

Model Analisis
Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier dengan metode kuadrat terkecil


F. RENCANA BIAYA PENELITIAN
Penelitian ini merupakan penelitian ilmiah untuk memenuhi salah satu syarat memperoleh gelar sarjana, maka semua biaya penelitian ini akan ditanggung oleh penulis


G. JADWAL PENELITIAN
Minggu I : Persiapan
Minggu II - IV : pengumpulan dan analisis data
Minggu V - IX : penyusuna laporan
Minggu X-XII : laporan akhir

Contoh Proposal Berbagai kegiatan Lengkap


Contoh Proposal Lengkap


Contoh Proposal

Proposal sejatinya adalah sebagai surat pengajuan ,pengajuan untuk Kegiatan tertentu yang di ajukan kepada orang tertentu pula. Misalnya Proposal skripsi pasti isinya berbeda dengan proposal penelitian,atau juga proposal kegiatan sekolah. Nah kali ini Zona gaptek akan mencoba memberikan beberapa contoh proposal berbagai kegiatan , dari mulai proposal kegiatan sekolah kampus dan lain sebagainya.
Banyak sekali point-point yang harus diperhatikan dalam format penulisan proposal nah sobat jangan sampai keliru dan tertukar, misalnya sobat akan membuat proposal untuk kegiatan sekolah tetapi sobat mecontoh format proposal kegiatan lainnya, nah otomatis akan salah ya gak???. Nah berikut ini adalah contoh proposal berbagai kegiatan :
Namun sebelum kita melihat contoh proposal berbagai kegiatan,alangkah baiknya kita memahami terlebih format umum dari proposal untuk kegiatan berikut formatnya :
 1.pendahuluan
 2.latar belakang
 3.masalah
 4.tujuan
 5.sasaran
 6.pelaksanaan
 7.jadwal pelaksanaan
 8.anggaran
 9.danapenutup
Contoh Proposal 
Berbagai kegiatan Lengkap

Contoh Proposal Yang Baik Dan Benar

Contoh Proposal Yang Baik Dan Benar

Selasa, 08 Januari 2013

MAKALAH MOTOR BENSIN

MAKALAH MOTOR BENSIN

 





OLEH:
KAMSAR
E3C110015


         

JURUSAN D-III TEKNIK MESIN
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS HALUOLEO
KENDARI
2013






KATA PENGANTAR

Puji syukur atas kehadiran Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan petunjuk-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas makalah dengan judul “MOTOR BENSIN”,  yang mana makalah ini disususn bertujuan untuk memenuhi tugas mata kuliah motor bensin, jurusan diploma III Teknik MESIN.
 Penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan dan keterbatasan dalam penyajian data dalam makalah ini. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari semua pembaca demi kesempurnaan makalah ini. Semoga makalah ini berguna dan dapat menambah pengetahuan pembaca.
Demikian makalah  ini penulis susun, apabila ada kata- kata yang kurang berkenan dan banyak terdapat kekurangan, penulis mohon maaf yang sebesar- besarnya.
   
                                                           Kendari       Mei 2011
                                                                       Penulis














DAFTAR ISI



HALAMAN SAMPUL
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I             PENDAHULUAN
BAB II                        PEMBAHASAN
A.    Pengertian Umum Motor Bakar
B.     Prinsip Kerja Motor Bensin
C.    Klasifikasi Motor Bensin
D.    Keuntungan Motor Bensin
E.     Proses Keliling Motor Bensin 4 Langkah
F.     Sistem Pengapiaan

BAB III          PENUTUP
A.    Kesimpulan
B.     Saran