Kamis, 20 Juni 2013

Kuota SBMPTN Unhalu Capai 2.500 Orang

UNIVERSITAS HALUOLEO SECARA INSTITUSI TELAH TERAKREDITASI NASIONAL OLEH BAN-PT

Upload by adm1n on 2013-03-30 10:23:55
Satu tahapan penerimaan mahasiswa melalui seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) telah berakhir. Sesuai ketentuan masih ada dua tahapan lagi yang disediakan bagi mereka yang belum beruntung pada seleksi tahap pertama. Salah satunya melalui Seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN). Sama halnya SNMPTN, pada jalur SBMPTN ini juga menggunakan sistem on line pendaftarannya. Bedanya, hanya pada administrasinya saja. Meski begitu tetap bisa diikuti oleh semua calon maba dari seluruh Indonesia.
Kepala Humas Unhalu, Laode Alim Marhadi, M.Pd, mengungkapkan sesuai arahan dari panitia SNMPTN pusat bahwa kuota SBMPTN masing-masing perguruan tinggi 30 persen dari total kuota tersedia. Artinya, kalau tahun ini Unhalu menargetkan penerimaan mahasiswa baru sekitar 8 ribu lebih, maka tinggal dihitung saja jumlah itu.
"Kalau melalui SNMPTN sekitar 4 ribuan, maka jalur SBMPTN sekitar 2.500-san. Intinya 30 persen dari keseluruhan kuota Unhalu," kata Alim Marhadi, kemarin.
Mantan ketua PMII Sultra itu menambahkan setelah jalur SBMPTN usai, masih ada lagi satu tahapan penerimaan maba, yakni seleksi lokal masuk perguruan tinggi negeri (SLNMPTN). Untuk tahapan ini, sudah tidak ada lagi campur tangan panitia pusat. Semua dikembalikan pada universitas masing-masing.
"Porsi kuota SLNMPTN 20 persen dari total kuota. Pelaksanaannya juga setelah pengumuman SBMPTN itu," tandasnya.
Sebelumnya, Panitia lokal SNMPTN Unhalu, Prof La Karimuna menjelaskan proses pendaftaran SBMPTN sudah mulai dibuka tanggal 13 Mei s.d 7 Juni mendatang. Pada tahapan ini, tidak hanya dikhususkan lulusan tahun ini, tapi juga dua angkatan sebelumnya.
"Sesuai jadwal seleksi ujian tulis akan dilaksanakan pada 18-19 Juni mendatang. Ujian keterampilan 20 hingga 21 Juni dan pengumuman hasil seleksi 12 Juli. Selain keterampilan, ada tiga kriteria pilihan disediakan, yakni sains dan teknologi (saintek), sosial dan campuran keduanya," terangnya.
Jika jalur SNMPTN tidak dipungut biaya alias gratis, maka SBMPTN ada biaya administrasinya. Teknisnya, pembayaran biaya seleksi dilakukan melalui Bank Mandiri pada 10 Mei hingga 4 Juni. Pendaftaran SBMPTN baru dimulai pada 13 Mei pukul 8.00 hingga 7 Juni 22.00 yang dilakukan secara online.
"Jumlahnya bervariasi tergantung pilihannya, Kalau hanya salah satu saja, misalnya Saintek atau Soshum, maka biayanya Rp 175 ribu. Namun kalau campuran, pendaftarannya Rp 200 ribu. Dibayarnya di Bank Mandiri. Semua proses dilakukan secara on line, sehingga bisa diikuti siswa seluruh Indonesia," ungkapnya.
Soal adanya kekhawatiran, mengenai tumpang tindih pelaksanaan seleksi, guru besar fakultas pertanian Unhalu itu mengaku semua sudah dijadwalkan secara matang sehingga tidak perlu ada kekhawatiran. Ia mencontohkan, seleksi SBMPTN dibuka setelah ada pengumuman hasil SNMPTN. Kondisi ini akan memberikan kesempatan bagi peserta SNMPTN yang tidak lolos untuk mengikuti SBMPTN itu.
"Semua sudah diatur sedemikian rupa, begitu juga soal SLNMPTN mekanismenya juga seperti itu. Hal paling penting bagi calon maba supaya mempersiapkan diri dengan baik agar bisa bersaing," tandasnya.

Tidak ada komentar: