BUSINESS
WARNET & GAME ONLINE
Rental Internet &
Game Online
PENDAHULUAN
Latar
Belakang
Internet adalah sebuah dunia maya
jaringan komputer (interkoneksi) yang terbentuk dari
milyaran komputer di seluruh dunia. Teknologi ini dimulai pada
pertengahan tahun 70-an pada masa perang dingin dan mencapai puncaknya
pada tahun 1994 ketika interface (antarmuka) grafis dan konten/isi dari
jaringan tersebut diciptakan dan diperuntukan bagi masyarakat umum agar dapat
dipergunakan secara lebih mudah. Internet memungkinkan kita untuk
menghilangkan hambatan jarak dan waktu dalam mendapatkan Informasi. Dari segi
ekonomi, internet merupakan
sebuah jawaban yang sangat efisien, efektif dan relatif murah bila dibandingkan
dengan hasil yang akan didapat. Perkembangan teknologi informasi yang sedikit
ajaib terutama dalam bidang internet secara langsung mampu menggeser
bahkan mengubah sistem dan pola hidup manusia. Salah satu contoh adalah
sumber informasi menjadi lebih beragam dan luas; jarak dan waktu bukan lagi
kendala yang utama; munculnya sistem pembelian dan pembayaran on-line.
Pada jaman sekarang ini kebutuhan akan penggunaan internet
sangat dibutuhkan. Dalam bidang pendidikan juga tidak lepas dari kebutuhan akan
internet yang memberikan informasi dan pelajaran yang cepat. Oleh karena itu
rencana dari usaha internet ini merupakan usaha yang menjanjikan karena
pengguna internet juga semakin meluas, yaitu dari anak kecil sampai orang tua
atau dari kalangan pelajar atau pegawai. Internet juga memudahkan kita dalam
berkomunikasi walaupun dengan jarak yang jauh. Fasilitas internet seperti situs
pertemanan juga sedang mewabah karena dapat memudahkan komunikasi walaupun
dengan jarak yang jauh, misalnya antar negara. Jadi banyak sekali sisi positif
yang diberikan melalui teknologi internet. Selain menyediakan fasilitas
internet, rencana usaha internet juga menyediakan fasilitas game online. Bagi
umat manusia, game ini akan menjadi salah satu alternatif hiburan baru dan
dapat dikembangkan menjadi sistem permainan yang bukan hanya sekedar permainan
namun dihubungkan dengan dunia nyata, misalnya untuk manajemen suatu sistem. Game
ini melatih kemampuan pemain untuk mengatur strategi, juga melatih kemampuan
konsentrasi dan logika.
Keuntungan utama yang
langsung terasa dari network sharing itu adalah, Internet yang mendunia, karena
pada hakikatnya berevelusi dan berkembang dari waktu ke waktu, sehingga
membentuk satu jaringan kompleks seperti yang kita rasakan sekarang ini.
Perkembangan pengguna internet di dunia dan di Indonesia pada khususnya yang
sangat pesat memicu munculnya tren-tren baru di kalangan pengguna internet. Selain
bermain internet, pengguna internet juga sering bermain game online. Bermain
game online adalah salah satu tren yang sedang mewabah di kalangan pengguna
internet di dunia, termasuk di Indonesia. Internet pita lebar memberikan warna
baru dan kesenangan dalam kehidupan sosial. Adanya peluang yang cukup besar
pada industri game on-line membangkitkan insting bisnis penulis untuk melakukan
analisis, perencanaan dan akhirnya memformulasikan pendekatan strategi yang
lebih baik sehingga bisnis game on-line ini tidak saja bisa bertahan tetapi
juga menopang kesuksesan investasi jangka panjang. Adapun produk yang
ditawarkan kepada pelanggan berupa koneksi internet broadband berbasis hitungan
waktu dilengkapi perangkat multimedia seperti webcam, earphone dan berbagai
koleksi game terbaru yang dapat dimainkan secara on-line. Produk-produk
penunjang lainnya diantaranya jasa printing, scanning, dan burning untuk backup
data. Jumlah pengguna Internet yang besar dan semakin berkembang, telah
mewujudkan budaya internet. Internet juga mempunyai pengaruh yang besar atas
ilmu, dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan mesin pencari seperti
Google, pengguna di seluruh dunia mempunyai akses internet yang mudah atas
bermacam-macam informasi. dibanding dengan buku dan perpustakaan.
Tujuan
Tujuan
proposal ini adalah dapat memberikan gambaran umum dari usaha untuk membuka
warnet yang dipadukan dengan game online. sehingga memberikan kenyamanan yang
lebih dari sebuah warnet. Target dari warnet-game online ini adalah untuk semua
kalangan masyarakat yang membutuhkan fasilitas internet.
PROSEDUR OPERASIONAL
1. Tahap
Persiapan
a. Survey
tempat/lokasi usaha warnet
Pada tahap ini
diusahakan dicari lokasi yang strategis dan memiliki nilai pasar yang tinggi.
Rencana dari usaha warnet ini dicari lokasi yang dekat dengan sekolah atau
universitas karena pada umumnya user atau konsumen dari jasa warnet ini adalah
pada umumnya dari kalangan pelajar.
b. Survey
Peralatan jasa warnet seperti perangkat computer, provider, printer, perlengkapan warnet (meja computer, kursi,
kabel-kabel,dll).
Pada tahap ini dicari
tempat penjualan perangkat computer yang memiliki kualitas bagus namun harga
yang pas karena perangkat yang dibeli dalam jumlah yang besar.
c. Survey
peminjaman dana
Pada tahap ini dibuat
proposal dana yang menarik agar pihak bank dapat menyetujui peminjaman modal
usaha.
2. Tahap
operasional
a. Penyewaan
tempat
Tempat yang disewa dicari
lokasi yang strategis dan memiliki nilai pasar yang tinggi. Lokasi hendaknya yang
dekat dengan sekolah atau universitas karena pada umumnya user atau konsumen
dari jasa warnet ini adalah pada umumnya dari kalangan pelajar. Selain itu,
harga sewa tempat diusahakan ditawar harga yang tidak terlalu mahal.
b. Pembelian
PC Komputer
Rencana pembelian komputer
sebanyak 10 PC termasuk untuk komputer operator. Pembelian perlengkapan warnet
hendaknya di tempat yang harganya tidak terlalu mahal karena pemesanannya dalam
jumlah yang besar.
c. Perekrutan
Tenaga kerja
Direkrut tenaga kerja
untuk membantu proses pemasangan komputer. Tenaga kerja yang direkrut kurang
lebih 2 orang saja.
d. Perekrutan
operator warnet
Dicari tenaga kerja
operator yang menjaga warnet
e. Pemasangan
Komputer
Pada tahap ini
dilakukan pengukuran untuk setiap meja komputer yang disesuaikan dengan luas
ruangan. Lalu dipasang perangkat computer.
f. Penginstalan
Komputer
Pada tahap ini computer
yang dibeli tidak memiliki program (kosong) maka diperluka penginstalan
software yang dibutuhkan dalam pengoperasian computer dan internet serta game
online.
g. Pemasangan
provider
Pada tahap ini
dilakukan pemasangan provider atau speedy yang merupakan jaringan internet agar
jasa internet dapat beroperasi.
Pada
tahap ini dilakukan percobaan peroperasian jaringan internet apakah prosesnya
berjalan dengan baik dan juga sekaligus pelatihan bagi operator dalam
pengoperasian proses billing dan pengoperasian bandwitch untuk setiap PC komputer.
3. Tahap
Pasca Operasional
a. Pengecekan
kondisi PC
Dilakukan pengecekan
komputer setiap harinya agar pelayanan jasa internet lebih baik sehingga tidak
mengecewakan pemain.
b. Update
game Online
Tahap update game online
dilakukan sebulan sekali agar pemain tidak merasa bosan.
c. Perawatan
Perangkat komputer
harus dirawat dengan baik agar tidak mudah cepat rusak.
Jasa
yang Disediakan Warnet-Game Online
a)Internet
b)Print/Cetak dokumen/Gambar
c)Rental komputer
d)Copy data ke CD
e)Penjualan minuman
f)Aksesoris komputer (Flashdisk, CD-R/CD-RW, headset, mouse)
g)Fasilitas tempat parkir, toilet, mic, headset, webcam
h)Keamanan untuk parker
a)Internet
b)Print/Cetak dokumen/Gambar
c)Rental komputer
d)Copy data ke CD
e)Penjualan minuman
f)Aksesoris komputer (Flashdisk, CD-R/CD-RW, headset, mouse)
g)Fasilitas tempat parkir, toilet, mic, headset, webcam
h)Keamanan untuk parker
i)Game Online
GAMBARAN
UMUM ANALISIS DANA WARNET
Untuk proses
produksi maka biaya pemain menggunakan jasa internet dikenakan per jam yaitu
Rp3000/ jam. Untuk tahap awal belum dikenakannya sistem pamakaian paket hemat, namun
jika PP (Payback Periode) sudah tercapai maka sistem pemakaian paket hemat
dipertimbangkan.
Selain adanya
fasilitas jaringan internet, daya tarik lain untuk menarik minat pemain bermain
di warnet adalah game online. Game online dan internet merupakan
PENUTUP
Demikianlah
data-data ini kami buat sebagai suatu acuan dalam pembuatan dan pengelolaan
warnet-game online dan juga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi
pemilik modal dan pihak yang ingin bekerjasama untuk menanamkan modal sebagai
bimbingan teknis dalam pengelolaan warnet-game online nantinya.
DAFTAR
PUSTAKA
Setiawan. 2009. Proposal warnet
Café. www.wordpress.com.
Sunday, 16 November
2009.
Agustiawan. 2009. Solusi Buka
Warnet Dengan Mudah Dan Murah.
www.wordpress.com. Sunday 16 November 2009.
Benny. 2009. Start-up warnet, 2009.
www.wordpress.com.
Sunday, 16
November 2009.
LAMPIRAN
Analisis usaha jasa internet
|
||||||
Uraian
|
Volume
|
Harga satuan
|
Biaya
|
|||
|
|
|
|
(Rp)
|
(Rp)
|
|
A
|
Sarana produksi
|
|
|
|
|
|
|
perangkat komputer
|
10
|
PC
|
2.050.000
|
20.500.000
|
|
|
perangkat meja
sekat komputer
|
10
|
buah
|
380.000
|
3.800.000
|
|
|
kursi
|
1
|
lusin
|
480.000
|
480.000
|
|
|
headset
|
10
|
buah
|
30.000
|
300.000
|
|
mouse + keyboard
|
10
|
buah
|
55.000
|
550000
|
||
alas mouse
|
10
|
buah
|
3.000
|
30.000
|
||
printer
|
1
|
buah
|
330.000
|
330.000
|
||
loudspeaker
|
1
|
buah
|
235.000
|
235.000
|
26.225.000
|
|
B
|
Upah tenaga kerja
|
|
|
|
|
|
|
pemasangan
perangkat komputer
|
2
|
orang
|
100.000
|
200.000
|
|
|
uang makan
|
4
|
orang
|
10.000
|
40.000
|
|
|
|
|
|
|
|
240.000
|
C
|
Peralatan
|
|
|
|
|
|
|
pemasangan listrik
|
1
|
paket
|
2.000.000
|
2.000.000
|
|
|
kipas angin
|
2
|
buah
|
145.000
|
290.000
|
|
|
kabel utp
|
1
|
paket
|
315.000
|
315.000
|
|
|
speedy
|
1
|
paket
|
450.000
|
450.000
|
|
|
UPS
|
1
|
buah
|
400.000
|
400.000
|
|
|
kabel TC 3
|
1
|
paket
|
10.000
|
10.000
|
|
|
kabel Duck 33x33
|
1
|
paket
|
124.000
|
124.000
|
|
|
kabel Tie
|
1
|
paket
|
30.000
|
30.000
|
3.619.000
|
|
|
|
|
|
||
D
|
Lain-lain
|
|
|
|
|
|
|
sewa tempat
|
1
|
tahun
|
3.000.000
|
3.000.000
|
|
|
|
|
|
|
|
3.000.000
|
|
|
|
|
|
|
|
E
|
Gaji bulanan
|
|
|
|
|
|
|
gaji
operator/teknisi
|
12
|
bulan
|
350.000
|
4.200.000
|
|
|
|
|
|
|
4.200.000
|
|
F
|
Biaya Bulanan
|
|
|
|
|
|
|
Listrik
|
12
|
bulan
|
168.000
|
2.016.000
|
|
|
speedy
|
12
|
bulan
|
850.000
|
10.200.000
|
12.216.000
|
|
Total biaya
|
|
|
|
49.500.000
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
Penjualan dan
keuntungan
|
|
|
|
|
|
|
Produksi per-hari
|
200.000
|
rupiah
|
|
|
|
|
Produksi per-bulan
|
30
|
kali
|
|
|
|
|
Pendapatan
per-bulan
|
30
|
|
200.000
|
6.000.000
|
|
|
Pendapatan
per-tahun
|
12
|
|
6.000.000
|
72.000.000
|
22.500.000
|
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
B/C Ratio tahun
ke-1
|
(Pendapatan
per-tahun / total biaya)
|
|
1,45
|
||
|
|
|||||
|
B/C Ratio tahun
ke-2,3,4, dst
|
(Pendapatan
per-tahun/ biaya D+E+F)
|
4
|
|||
NPV
Tahun
|
Biaya
Total (Ct)
|
Penerimaan
total (Bt)
|
||||||
|
(jutaan
rupiah)
|
(jutaan
rupiah)
|
||||||
0
|
49.5
|
0
|
||||||
1
|
20
|
30
|
||||||
2
|
20
|
35
|
||||||
3
|
49.5
|
75
|
||||||
4
|
20
|
60
|
||||||
5
|
10
|
50
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
||
Tahun
|
Biaya
Total (Ct)
|
Penerimaan
total (Bt)
|
PF
|
PF
(Ct)
|
PF
(Bt)
|
NPV
|
||
|
(jutaan
rupiah)
|
(jutaan
rupiah)
|
|
|
|
|
||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
= (2)(4)
|
(6)
= (3)(4)
|
(7)
= (6)(5)
|
||
0
|
49,5
|
0
|
1
|
49,5
|
0
|
-50
|
||
1
|
20
|
30
|
0,85
|
16,95
|
25,42
|
8,47
|
||
2
|
20
|
35
|
0,72
|
14,36
|
25,14
|
10,77
|
||
3
|
49,5
|
75
|
0,61
|
30,13
|
45,65
|
15,52
|
||
4
|
20
|
60
|
0,52
|
10,32
|
30,95
|
20,63
|
||
5
|
10
|
50
|
0,44
|
4,37
|
21,86
|
17,48
|
||
|
|
|
|
125,63
|
149,01
|
|
||
|
|
|
|
|
NPV(i=0.18) =
|
23,38
|
||
perhitungan bunga bank = 18%
|
||||||||
PF = (1+i) ^ -t = (1+0.18) ^ -t
|
||||||||
maka keuntungan ekonomis jasa
warung internet dan game online adalah
23,38 juta.
|
||||||||
Karena NPV > 0 maka investasi tersebut
layak dipertimbangkan
|
BCR
Tahun
|
Biaya Total (Ct)
|
Penerimaan total (Bt)
|
PF
|
PF (Ct)
|
PF (Bt)
|
NPV
|
||||||||
|
(jutaan rupiah)
|
(jutaan rupiah)
|
|
|
|
|
||||||||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
= (2)(4)
|
(6)
= (3)(4)
|
(7)
= (6)(5)
|
||||||||
0
|
49,5
|
0
|
1
|
49,5
|
0
|
-49,5
|
||||||||
1
|
20
|
30
|
0,85
|
16,95
|
25,42
|
8,47
|
||||||||
2
|
20
|
35
|
0,72
|
14,36
|
25,14
|
10,77
|
||||||||
3
|
49,5
|
75
|
0,61
|
30,13
|
45,65
|
15,52
|
||||||||
4
|
20
|
60
|
0,52
|
10,32
|
30,95
|
20,63
|
||||||||
5
|
10
|
50
|
0,44
|
4,37
|
21,86
|
17,48
|
||||||||
|
|
|
|
125,63
|
149,01
|
|
||||||||
|
|
|
|
NPV(i=0.18) =
|
|
23,38
|
||||||||
|
||||||||||||||
Manfaat ekonomi
investasi ini adalah 1.19 kali lebih besar daripada nilai biaya total pada
tkt suku bunga 18%
|
||||||||||||||
artinya setiap
Rp 1 yang diinvestasikan akan memberi hasil sebesar Rp 1.19
|
||||||||||||||
Karena BCR >
1 maka investasi dalam mesin baru di perusahaan ini layak secara ekonomis
|
||||||||||||||
IRR
Tahun
|
Biaya Total (Ct)
|
Penerimaan total (Bt)
|
PF
|
PF (Ct)
|
PF (Bt)
|
NPV
|
||
(jutaan rupiah)
|
(jutaan rupiah)
|
|||||||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
= (2)(4)
|
(6)
= (3)(4)
|
(7)
= (6)(5)
|
||
0
|
49,5
|
0
|
1
|
49,5
|
0
|
-49,5
|
||
1
|
20
|
30
|
0,85
|
16,95
|
25,42
|
8,47
|
||
2
|
20
|
35
|
0,72
|
14,36
|
25,14
|
10,77
|
||
3
|
49,5
|
75
|
0,61
|
30,13
|
45,65
|
15,52
|
||
4
|
20
|
60
|
0,52
|
10,32
|
30,95
|
20,63
|
||
5
|
10
|
50
|
0,44
|
4,37
|
21,86
|
17,48
|
||
|
|
|
|
125,63
|
149,01
|
|
||
|
|
|
|
NPV(i=0.18) =
|
23,38
|
|||
Tahun
|
Biaya Total (Ct)
|
Penerimaan total (Bt)
|
PF
|
PF (Ct)
|
PF (Bt)
|
NPV
|
||
(jutaan rupiah)
|
(jutaan rupiah)
|
|||||||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
= (2)(4)
|
(6)
= (3)(4)
|
(7)
= (6)(5)
|
||
0
|
49,5
|
0
|
1
|
49,5
|
0
|
-49,5
|
||
1
|
20
|
30
|
0,74
|
14,71
|
22,06
|
7,35
|
||
2
|
20
|
35
|
0,54
|
10,81
|
18,92
|
8,11
|
||
3
|
49,5
|
75
|
0,40
|
19,68
|
29,82
|
10,14
|
||
4
|
20
|
60
|
0,29
|
5,85
|
17,54
|
11,69
|
||
5
|
10
|
50
|
0,21
|
2,15
|
10,75
|
8,60
|
||
|
|
|
|
102,69
|
99,08
|
|
||
|
|
|
|
NPV(i=0.36) =
|
(3,61)
|
|||
Tahun
|
Biaya Total (Ct)
|
Penerimaan total (Bt)
|
PF
|
PF (Ct)
|
PF (Bt)
|
NPV
|
||
(jutaan rupiah)
|
(jutaan rupiah)
|
|||||||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
= (2)(4)
|
(6)
= (3)(4)
|
(7)
= (6)(5)
|
||
0
|
49,5
|
0
|
1
|
49,5
|
0
|
-49,5
|
||
1
|
20
|
30
|
0,71
|
14,29
|
21,43
|
7,14
|
||
2
|
20
|
35
|
0,51
|
10,20
|
17,86
|
7,65
|
||
3
|
49,5
|
75
|
0,36
|
18,04
|
27,33
|
9,29
|
||
4
|
20
|
60
|
0,26
|
5,21
|
15,62
|
10,41
|
||
5
|
10
|
50
|
0,19
|
1,86
|
9,30
|
7,44
|
||
|
|
|
|
99,09
|
91,53
|
|
||
|
|
|
|
NPV(i=0.40) =
|
(7,56)
|
|||
Tahun
|
Biaya Total (Ct)
|
Penerimaan total (Bt)
|
PF
|
PF (Ct)
|
PF (Bt)
|
NPV
|
||
(jutaan rupiah)
|
(jutaan rupiah)
|
|||||||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
= (2)(4)
|
(6)
= (3)(4)
|
(7)
= (6)(5)
|
||
0
|
49,5
|
0
|
1
|
49,5
|
0
|
-49,5
|
||
1
|
20
|
30
|
0,67
|
13,33
|
20,00
|
6,67
|
||
2
|
20
|
35
|
0,44
|
8,89
|
15,56
|
6,67
|
||
3
|
49,5
|
75
|
0,30
|
14,67
|
22,22
|
7,56
|
||
4
|
20
|
60
|
0,20
|
3,95
|
11,85
|
7,90
|
||
5
|
10
|
50
|
0,13
|
1,32
|
6,58
|
5,27
|
||
|
|
|
|
91,66
|
76,21
|
|
||
|
|
|
|
NPV(i=0.50) =
|
(15,44)
|
|||
NPV(i=0.18) =
|
23,38
|
> 0
|
||||||
NPV(i=0.36) =
|
(3,61)
|
< 0
|
||||||
NPV(i=0.40) =
|
(7,56)
|
< 0
|
||||||
NPV(i=0.50) =
|
(15,44)
|
< 0
|
||||||
NPV = 0 terletak antara interest 18 dan 36 %
|
||||||||
IRR = i1 + NPV x (i2 - i1)
|
||||||||
NPV1
- NPV2
|
||||||||
maka: IRR =
|
0.18 + 23,38 x
0,18 - 0,36
|
|||||||
23,38 -
(-3,61)
|
||||||||
=
|
0.18 +
|
23,38 x 0.18
|
||||||
26,99
|
||||||||
=
|
0,3359
|
|||||||
IRR
=
|
33,59%
|
|||||||
Karena pada interest rate = 33,59% nilai NPV = 0, berarti IRR
> suku bunga yang berlaku 18%,
|
||||||||
berarti proyek ini layak secara ekonomis
|
||||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar