Senin, 24 Juni 2013

BUSINESS WARNET & GAME ONLINE



BUSINESS WARNET & GAME ONLINE

Rental Internet & Game Online





PENDAHULUAN

Latar Belakang
Internet adalah sebuah dunia maya jaringan komputer (interkoneksi) yang terbentuk dari milyaran komputer di seluruh dunia.  Teknologi ini dimulai pada pertengahan tahun 70-an pada masa perang dingin dan mencapai puncaknya pada tahun 1994 ketika interface (antarmuka) grafis dan konten/isi dari jaringan tersebut diciptakan dan diperuntukan bagi masyarakat umum agar dapat dipergunakan secara lebih mudah.  Internet memungkinkan kita untuk menghilangkan hambatan jarak dan waktu dalam mendapatkan Informasi. Dari segi ekonomi, internet merupakan sebuah jawaban yang sangat efisien, efektif dan relatif murah bila dibandingkan dengan hasil yang akan didapat. Perkembangan teknologi informasi yang sedikit ajaib  terutama dalam bidang internet secara langsung mampu menggeser bahkan mengubah  sistem dan pola hidup manusia. Salah satu contoh adalah sumber informasi menjadi lebih beragam dan luas; jarak dan waktu bukan lagi kendala yang utama; munculnya sistem pembelian dan pembayaran on-line.
Pada jaman sekarang ini kebutuhan akan penggunaan internet sangat dibutuhkan. Dalam bidang pendidikan juga tidak lepas dari kebutuhan akan internet yang memberikan informasi dan pelajaran yang cepat. Oleh karena itu rencana dari usaha internet ini merupakan usaha yang menjanjikan karena pengguna internet juga semakin meluas, yaitu dari anak kecil sampai orang tua atau dari kalangan pelajar atau pegawai. Internet juga memudahkan kita dalam berkomunikasi walaupun dengan jarak yang jauh. Fasilitas internet seperti situs pertemanan juga sedang mewabah karena dapat memudahkan komunikasi walaupun dengan jarak yang jauh, misalnya antar negara. Jadi banyak sekali sisi positif yang diberikan melalui teknologi internet. Selain menyediakan fasilitas internet, rencana usaha internet juga menyediakan fasilitas game online. Bagi umat manusia, game ini akan menjadi salah satu alternatif hiburan baru dan dapat dikembangkan menjadi sistem permainan yang bukan hanya sekedar permainan namun dihubungkan dengan dunia nyata, misalnya untuk manajemen suatu sistem. Game ini melatih kemampuan pemain untuk mengatur strategi, juga melatih kemampuan konsentrasi dan logika.
Keuntungan utama yang langsung terasa dari network sharing itu adalah, Internet yang mendunia, karena pada hakikatnya berevelusi dan berkembang dari waktu ke waktu, sehingga membentuk satu jaringan kompleks seperti yang kita rasakan sekarang ini. Perkembangan pengguna internet di dunia dan di Indonesia pada khususnya yang sangat pesat memicu munculnya tren-tren baru di kalangan pengguna internet. Selain bermain internet, pengguna internet juga sering bermain game online. Bermain game online adalah salah satu tren yang sedang mewabah di kalangan pengguna internet di dunia, termasuk di Indonesia. Internet pita lebar memberikan warna baru dan kesenangan dalam kehidupan sosial. Adanya peluang yang cukup besar pada industri game on-line membangkitkan insting bisnis penulis untuk melakukan analisis, perencanaan dan akhirnya memformulasikan pendekatan strategi yang lebih baik sehingga bisnis game on-line ini tidak saja bisa bertahan tetapi juga menopang kesuksesan investasi jangka panjang. Adapun produk yang ditawarkan kepada pelanggan berupa koneksi internet broadband berbasis hitungan waktu dilengkapi perangkat multimedia seperti webcam, earphone dan berbagai koleksi game terbaru yang dapat dimainkan secara on-line. Produk-produk penunjang lainnya diantaranya jasa printing, scanning, dan burning untuk backup data. Jumlah pengguna Internet yang besar dan semakin berkembang, telah mewujudkan budaya internet. Internet juga mempunyai pengaruh yang besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan mesin pencari seperti Google, pengguna di seluruh dunia mempunyai akses internet yang mudah atas bermacam-macam informasi. dibanding dengan buku dan perpustakaan.

Tujuan
            Tujuan proposal ini adalah dapat memberikan gambaran umum dari usaha untuk membuka warnet yang dipadukan dengan game online. sehingga memberikan kenyamanan yang lebih dari sebuah warnet. Target dari warnet-game online ini adalah untuk semua kalangan masyarakat yang membutuhkan fasilitas internet.
PROSEDUR OPERASIONAL
1.      Tahap Persiapan
a.       Survey tempat/lokasi usaha warnet
Pada tahap ini diusahakan dicari lokasi yang strategis dan memiliki nilai pasar yang tinggi. Rencana dari usaha warnet ini dicari lokasi yang dekat dengan sekolah atau universitas karena pada umumnya user atau konsumen dari jasa warnet ini adalah pada umumnya dari kalangan pelajar.
b.      Survey Peralatan jasa warnet seperti perangkat computer, provider, printer, perlengkapan  warnet (meja computer, kursi, kabel-kabel,dll).
Pada tahap ini dicari tempat penjualan perangkat computer yang memiliki kualitas bagus namun harga yang pas karena perangkat yang dibeli dalam jumlah yang besar.
c.       Survey peminjaman dana
Pada tahap ini dibuat proposal dana yang menarik agar pihak bank dapat menyetujui peminjaman modal usaha.
2.      Tahap operasional
a.       Penyewaan tempat
Tempat yang disewa dicari lokasi yang strategis dan memiliki nilai pasar yang tinggi. Lokasi hendaknya yang dekat dengan sekolah atau universitas karena pada umumnya user atau konsumen dari jasa warnet ini adalah pada umumnya dari kalangan pelajar. Selain itu, harga sewa tempat diusahakan ditawar harga yang tidak terlalu mahal.
b.      Pembelian PC Komputer
Rencana pembelian komputer sebanyak 10 PC termasuk untuk komputer operator. Pembelian perlengkapan warnet hendaknya di tempat yang harganya tidak terlalu mahal karena pemesanannya dalam jumlah yang besar.
c.       Perekrutan Tenaga kerja
Direkrut tenaga kerja untuk membantu proses pemasangan komputer. Tenaga kerja yang direkrut kurang lebih 2 orang saja.
d.      Perekrutan operator warnet
Dicari tenaga kerja operator yang menjaga warnet
e.       Pemasangan Komputer
Pada tahap ini dilakukan pengukuran untuk setiap meja komputer yang disesuaikan dengan luas ruangan. Lalu dipasang perangkat computer.
f.       Penginstalan Komputer
Pada tahap ini computer yang dibeli tidak memiliki program (kosong) maka diperluka penginstalan software yang dibutuhkan dalam pengoperasian computer dan internet serta game online.
g.      Pemasangan provider
Pada tahap ini dilakukan pemasangan provider atau speedy yang merupakan jaringan internet agar jasa internet dapat beroperasi.
Pada tahap ini dilakukan percobaan peroperasian jaringan internet apakah prosesnya berjalan dengan baik dan juga sekaligus pelatihan bagi operator dalam pengoperasian proses billing dan pengoperasian bandwitch untuk setiap PC komputer.
3.      Tahap Pasca Operasional
a.       Pengecekan kondisi PC
Dilakukan pengecekan komputer setiap harinya agar pelayanan jasa internet lebih baik sehingga tidak mengecewakan pemain.
b.      Update game Online
Tahap update game online dilakukan sebulan sekali agar pemain tidak merasa bosan.
c.       Perawatan
Perangkat komputer harus dirawat dengan baik agar tidak mudah cepat rusak.




Jasa yang Disediakan Warnet-Game Online
a)Internet
b)Print/Cetak dokumen/Gambar
c)Rental komputer
d)Copy data ke CD
e)Penjualan minuman
f)Aksesoris komputer (Flashdisk, CD-R/CD-RW, headset, mouse)
g)Fasilitas tempat parkir, toilet, mic, headset, webcam
h)Keamanan untuk parker
i)Game Online


GAMBARAN UMUM ANALISIS DANA WARNET
Untuk proses produksi maka biaya pemain menggunakan jasa internet dikenakan per jam yaitu Rp3000/ jam. Untuk tahap awal belum dikenakannya sistem pamakaian paket hemat, namun jika PP (Payback Periode) sudah tercapai maka sistem pemakaian paket hemat dipertimbangkan.
Selain adanya fasilitas jaringan internet, daya tarik lain untuk menarik minat pemain bermain di warnet adalah game online. Game online dan internet merupakan












PENUTUP
Demikianlah data-data ini kami buat sebagai suatu acuan dalam pembuatan dan pengelolaan warnet-game online dan juga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi pemilik modal dan pihak yang ingin bekerjasama untuk menanamkan modal sebagai bimbingan teknis dalam pengelolaan warnet-game online nantinya.


























DAFTAR PUSTAKA
Setiawan. 2009. Proposal warnet Café. www.wordpress.com.
            Sunday,  16  November 2009.

Agustiawan. 2009. Solusi Buka Warnet Dengan Mudah Dan Murah.
            www.wordpress.com. Sunday 16 November 2009.

Benny. 2009. Start-up warnet, 2009. www.wordpress.com.
            Sunday,  16  November 2009.




LAMPIRAN
Analisis usaha jasa internet





 Uraian
 Volume
 Harga satuan
 Biaya





 (Rp)
 (Rp)

 A
 Sarana produksi






 perangkat komputer
                   10
 PC
          2.050.000
   20.500.000


 perangkat meja sekat komputer
                   10
 buah
             380.000
     3.800.000


 kursi
                    1
 lusin
             480.000
        480.000


 headset
                   10
 buah
              30.000
        300.000


 mouse + keyboard
                   10
 buah
              55.000
550000


 alas mouse
                   10
 buah
                3.000
          30.000


 printer
                    1
 buah
             330.000
        330.000


 loudspeaker
                    1
 buah
             235.000
        235.000
           26.225.000
 B
 Upah tenaga kerja






 pemasangan perangkat komputer
                    2
 orang
             100.000
        200.000


 uang makan
                    4
 orang
              10.000
          40.000







             240.000
 C
 Peralatan






 pemasangan listrik
                    1
 paket
          2.000.000
     2.000.000


 kipas angin
                    2
 buah
             145.000
        290.000


 kabel utp
                    1
 paket
             315.000
        315.000


 speedy
                    1
 paket
             450.000
        450.000


 UPS
                    1
 buah
             400.000
        400.000


 kabel TC 3
                    1
 paket
              10.000
          10.000


 kabel Duck 33x33
                    1
 paket
             124.000
        124.000


 kabel Tie
                    1
 paket
              30.000
          30.000
          3.619.000







 D
 Lain-lain






 sewa tempat
                    1
 tahun
          3.000.000
     3.000.000







          3.000.000







E
 Gaji bulanan






 gaji operator/teknisi
                   12
 bulan
             350.000
     4.200.000







          4.200.000
 F
 Biaya Bulanan






 Listrik
                   12
 bulan
             168.000
     2.016.000


 speedy
                   12
 bulan
             850.000
   10.200.000
        12.216.000

 Total biaya



   49.500.000





































 Penjualan dan keuntungan






 Produksi per-hari
           200.000
 rupiah




 Produksi per-bulan
                   30
 kali




 Pendapatan per-bulan
                   30

             200.000
     6.000.000


 Pendapatan per-tahun
                   12

          6.000.000
   72.000.000
        22.500.000















 B/C Ratio tahun ke-1
 (Pendapatan per-tahun / total biaya)

             1,45









 B/C Ratio tahun ke-2,3,4, dst
 (Pendapatan per-tahun/ biaya D+E+F)
                  4











NPV

Tahun
Biaya Total (Ct)
Penerimaan total (Bt)







(jutaan rupiah)
(jutaan rupiah)






0
49.5
0






1
20
30






2
20
35






3
49.5
75






4
20
60






5
10
50
























Tahun
Biaya Total (Ct)
Penerimaan total (Bt)
PF
PF (Ct)
PF (Bt)
NPV



(jutaan rupiah)
(jutaan rupiah)






(1)
(2)
(3)
(4)
(5) = (2)(4)
(6) = (3)(4)
(7) = (6)(5)


0
49,5
0
1
49,5
0
-50


1
20
30
     0,85
            16,95
         25,42
          8,47


2
20
35
     0,72
            14,36
         25,14
        10,77


3
49,5
75
     0,61
            30,13
         45,65
        15,52


4
20
60
     0,52
            10,32
         30,95
        20,63


5
10
50
     0,44
              4,37
         21,86
        17,48






          125,63
       149,01








NPV(i=0.18) =
        23,38











perhitungan bunga bank = 18%






PF = (1+i) ^ -t = (1+0.18) ^ -t






maka keuntungan ekonomis jasa warung internet dan game online adalah  23,38 juta.


Karena NPV > 0 maka investasi tersebut layak dipertimbangkan







BCR
Tahun
Biaya Total (Ct)
Penerimaan total (Bt)
PF
PF (Ct)
PF (Bt)
NPV




(jutaan rupiah)
(jutaan rupiah)







(1)
(2)
(3)
(4)
(5) = (2)(4)
(6) = (3)(4)
(7) = (6)(5)



0
49,5
0
1
49,5
0
-49,5



1
20
30
          0,85
        16,95
        25,42
          8,47



2
20
35
          0,72
        14,36
        25,14
        10,77



3
49,5
75
          0,61
        30,13
        45,65
        15,52



4
20
60
          0,52
        10,32
        30,95
        20,63



5
10
50
          0,44
          4,37
        21,86
        17,48







     125,63
     149,01








NPV(i=0.18) =

     23,38












Manfaat ekonomi investasi ini adalah 1.19 kali lebih besar daripada nilai biaya total pada tkt suku bunga 18%

artinya setiap Rp 1 yang diinvestasikan akan memberi hasil sebesar Rp 1.19




Karena BCR > 1 maka investasi dalam mesin baru di perusahaan ini layak secara ekonomis






























IRR

Tahun
Biaya Total (Ct)
Penerimaan total (Bt)
PF
PF (Ct)
PF (Bt)
NPV



(jutaan rupiah)
(jutaan rupiah)






(1)
(2)
(3)
(4)
(5) = (2)(4)
(6) = (3)(4)
(7) = (6)(5)


0
49,5
0
1
49,5
0
-49,5


1
20
30
          0,85
        16,95
        25,42
          8,47


2
20
35
          0,72
        14,36
        25,14
        10,77


3
49,5
75
          0,61
        30,13
        45,65
        15,52


4
20
60
          0,52
        10,32
        30,95
        20,63


5
10
50
          0,44
          4,37
        21,86
        17,48






     125,63
     149,01







NPV(i=0.18) =
     23,38











Tahun
Biaya Total (Ct)
Penerimaan total (Bt)
PF
PF (Ct)
PF (Bt)
NPV



(jutaan rupiah)
(jutaan rupiah)






(1)
(2)
(3)
(4)
(5) = (2)(4)
(6) = (3)(4)
(7) = (6)(5)


0
49,5
0
1
49,5
0
-49,5


1
20
30
          0,74
        14,71
        22,06
          7,35


2
20
35
          0,54
        10,81
        18,92
          8,11


3
49,5
75
          0,40
        19,68
        29,82
        10,14


4
20
60
          0,29
          5,85
        17,54
        11,69


5
10
50
          0,21
          2,15
        10,75
          8,60






     102,69
        99,08







NPV(i=0.36) =
      (3,61)











Tahun
Biaya Total (Ct)
Penerimaan total (Bt)
PF
PF (Ct)
PF (Bt)
NPV



(jutaan rupiah)
(jutaan rupiah)






(1)
(2)
(3)
(4)
(5) = (2)(4)
(6) = (3)(4)
(7) = (6)(5)


0
49,5
0
1
49,5
0
-49,5


1
20
30
          0,71
        14,29
        21,43
          7,14


2
20
35
          0,51
        10,20
        17,86
          7,65


3
49,5
75
          0,36
        18,04
        27,33
          9,29


4
20
60
          0,26
          5,21
        15,62
        10,41


5
10
50
          0,19
          1,86
          9,30
          7,44






        99,09
        91,53







NPV(i=0.40) =
      (7,56)











Tahun
Biaya Total (Ct)
Penerimaan total (Bt)
PF
PF (Ct)
PF (Bt)
NPV



(jutaan rupiah)
(jutaan rupiah)






(1)
(2)
(3)
(4)
(5) = (2)(4)
(6) = (3)(4)
(7) = (6)(5)


0
49,5
0
1
49,5
0
-49,5


1
20
30
          0,67
        13,33
        20,00
          6,67


2
20
35
          0,44
          8,89
        15,56
          6,67


3
49,5
75
          0,30
        14,67
        22,22
          7,56


4
20
60
          0,20
          3,95
        11,85
          7,90


5
10
50
          0,13
          1,32
          6,58
          5,27






        91,66
        76,21







NPV(i=0.50) =
    (15,44)











NPV(i=0.18) =
                      23,38
> 0






NPV(i=0.36) =
                      (3,61)
< 0






NPV(i=0.40) =
                      (7,56)
< 0






NPV(i=0.50) =
                    (15,44)
< 0















NPV = 0 terletak antara interest 18 dan 36 %















            IRR =      i1 +               NPV          x (i2 - i1)





                                         NPV1 - NPV2















maka:   IRR  =
0.18 +                 23,38          x  0,18 - 0,36







                   23,38 - (-3,61)















=
  0.18 +
23,38           x 0.18








26,99















=
                    0,3359
















IRR =
33,59%
















Karena pada interest rate = 33,59% nilai NPV = 0, berarti IRR > suku bunga yang berlaku 18%,

berarti proyek ini layak secara ekonomis















Tidak ada komentar: